menyudahi pertanyaan di kepala

Dari dulu saya bertanya-tanya mengenai hukuman qishas dan hudud. Sebagai pemeluk agama Islam yang pengetahuan Islamnya sangat dangkal, saya menganggap hukuman itu terlalu berat dan keras. Seperti pada kasus perzinahan yang dikenakan hukuman cambuk atau dilempari batu (qishas) dan kasus potong tangan bagi yang mencuri (hudud). Di era masyarakat modern seperti sekarang, tentu hubungan seksual sebelum atau sesudah nikah dan atau hubungan sesama jenis tidak lagi dipandang bertentangan dengan moral atau masyarakat, karena itu merupakan hak setiap pribadi yang tidak dapat diganggu gugat. Hingga kemudian saya mendapatkan penjelasan yang membuka pikiran saya.
Agama Islam dengan ketiga rukunnya yakni Iman, Islam dan Ihsan atau Akidah, Syariah dan akhlak adalah murni diperuntukkan bagi umat manusia. Tidak ada sedikitpun kepentingan Tuhan untuk menurunkannya karena Tuhan tidak memiliki kepentingan sekecil apapun. Karena itu, setiap ketentuan agama, termasuk hukum pidananya akan bertumpu pada pemenuhan serta perlindungan hak dan kepentingan manusia. Dikalangan para ulama dikenal dengan apa yang disebut Maqoshid al Syariah, yaitu tujuan hukum Islam yang mencakup perlindungan terhadap lima hal yang menjadi tonggak keberadaan manusia yaitu agama (akidah), nyawa, akal nasab atau harga diri, dan harta benda.
Islam secara eksplisit menyatakan sangat menghormati harkat manusia, namun dalam melihat manusia, Al-Qur’an telah menggabungkan dua sisi dari makhluk ini (baca:manusia) yang bertolak belakang. Manusia dianggap makhluk yang sangat mulia tetapi pada saat yang sama ia juga dianggap makhluk yang sangat hina. Kisah tentang malaikat yang bersujud di hadapan Adam, mengingatkan kita betapa mulianya manusia. Tapi ketika kita diingatkan asal-usul manusia, kita tahu betapa tidak berharganya manusia ini karena berasal dari air yang berasal dari tulang rusuk. Kedua sisi manusia ini diperintahkan untuk dipelihara secara seimbang. Manusia bias menjadi besar dan sombong kalau tidak melihat sisi kehinaannya dan sebaliknya bias kerdil dan tidak berdaya jika tidak mengingat kemuliaannya. Karena itu Al-Qur’an tidak saja mengutuk Fir’aun yang sombong tapi juga kaumnya yang lemah dan tidak punya keberanian untuk melawannya.
Ketika seorang manusia tidak bersalah maka hak dan martabatnya suci dan harus dilindungi secara penuh tapi ketika seseorang sampai pada kejahatan qishash atau hudud, ia dipandang sebagai anggota tubuh yang harus diamputasi demi keselamatan tubuh itu sendiri. Dengan menggabungkan kedua sisi manusia yang bertolak belakang tersebut, maka hukuman tersebut dapat dikatakan keras dan berat, tetapi kekerasan itu dijatuhkan kepada seseorang yang sebenarnya telah dilucuti martabat kemanusiaannya.
Akidah dan harga diri dalam pandangan diluar Islam tidak termasuk kebutuhan vital bagi manusia, dimana seseorang bias beradab atau tidak, percaya kepada Tuhan atau tidak, boleh mempermainkan akidah bahkan boleh menjual harga dirinya sekalipun. Sementara Islam mempunyai pandangan yang berbeda. Hukum Islam menganggap akidah dan harga diri sebagai sesuatu yang mutlak dibutuhkan sebab ia merupakan inti dari perbedaan antara manusia dan binatang. Karena itu perbuatan zina, sekalipun dilakukan secara suka sama suka, dianggap menodai harkat manusia dan pelakunya dikenai pidana yang berat.
Ini karena Islam memandang manusia bukanlah tuan dari dirinya sendiri yang berhak menentukan apa saja yang dikehendakinya, melainkan manusia adalah tuan dari makhluk2 lain di dunia, sementara dirinya adalah hamba yang dipertuan Tuhan dan hak asasinya pun diperoleh dari pemeberian Tuhan. Karena itu ketika Tuhan mewajibkan hukuman qishas, kewajiban ini diakhiri dengan kata-kata “agar supaya kalian bertakwa” (QS 2:179)\
Maka apabila hukum pidana umum hanya bertujuan untuk menciptakan rasa aman dalam masyarakat, hukum pidana Islam disamping bertujuan yang sama juga bertujuan untuk menciptakan manusia-manusia yang patuh pada Allah SWT.
Wallahua’lam bissawab.

*sumber: Topo Santoso, SH, MH., perlindungan ham dalam hukum pidana Islam, Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia Fakultas Hukum Universitas Indonesia (MAPPI UI), http://www.pemantau peradilan.com

Surat buat pacarku

Dear,
Apa kabar kamu disana? Aku yakin kamu dalam keadaan baik. Sepuluh bulan bukan waktu yang singkat untuk wanita yang bergantung padamu. Sepuluh bulan itu adalah waktu yang indah.. dimana ada cinta, airmata, kebencian, hinaan, cacai maki dan gairah yang meluncur dari kedua bibir kita…

Bagimu mungkin mudah, untuk melupakanku dan melenyapkan keberadaanku dihatimu. Kamu bukan aku. Yang setiap pagi terbiasa dibangunkan kamu, yang setiap malam terbiasa merebahkan kepalaku dibwah ketiakmu. Yang baru bias tidur saat kamu mendekapku. Yang selalu diteriaki untuk mandi. Dan selesai mandi ada nasi bungkus seharga tiga ribu yang sudah siap untuk kusuap. Kamu melakukan semua itu, saying. Bahkan untuk rokok yang kuhisap, kamu menyalakan apinya untukku.

Andai kamu mengerti betapa kamu menjelma menjadi candu yang tak ada habisnya. Bahkan saat aku menangis di kamar mandi, kamu gak segan untuk menggendongku dan membelaiku lembut. Saat aku kesakitan, kamu memelukku, rela terjaga seharian, pergi pada dinginnya malam, untuk membelikanku obat, dan dipagi hari kamu berangkat dengan gitarmu, berkelana mencari lampu-lampu merah untuk kita.

Ya, kuakui, kamu kasar. Sering tanganmu melayang dipipiku. Kamu juga pelit. Kamu gak pernah ngasi aku apa yang kuinginkan. Gelang seharga 4ribu, aku perlu memintanya selama 2 minggu berturut2, sampai kamu bosan dengan rengekanku dan kamu membelikannya untukk, pada akhirnya…
Aku sakit hati dengan perlakuanmu yang demikian. Tapi semua dimwntahkan dengan kasih saying yang kamu berikan setiap harinya. Semua menjadi hambar. Kepedihan2 itu menguap saat aku baru tersadar aku tak mendapati dirimu disampingku lagi…

Aku rindu….
Sekarang tak ada lagi pria yang sibuk berkaca di cerminku dan mengeluh karena rambutnya yang mulai kusam.. tak ada lagi yang kubuatkan kopi setiap sore, duduk diberanda sambil mendedangkan lagu2 anti penindasan, meski menjadi ironi ketika kamu menindasku. Lagu2 tentang cinta yang kuat yang selalu kamu nyanyikan sambil menatap ramah padaku. Aku tersipu. Pura2 malu. Dan kamu makin menggodaku…

Tak ada lagi saying, yang masakin aku jengkol, pete, dan kuajak rebutan remot tv. Tempat ini tidak riuh lagi, seperti dulu saat ada kamu. Dan menjadi bertambah sepi, saat tak ada lagi yang merebahkanku di kasur…mencumbuku mesra..lalu peluh dan desah itu menetes, memenuhi ruang, berlomba dengan suara musik yang kamu putar…kita pun bergumul dosa…tak lupa kau mencium keningku saat semua usai..tersenyum puas dan lelah….

Aku mungkin dapat penggantimu, punya pacar baru, tapi gak ada yang sekomplitmu. Koki, satpam, dokter, sopir, tukang urut, pelawak, musisi, lawan diskusi, tukang gossip, teman mabok, sahabat, dan…..office boy.
Aku mendapati semuanya di diirmu. Dan aku sangat merindukanmu, yank.

———-kembalilah, karena aku masih disini, duduk setia sambil menghisap rokokku dalam-dalam, menjaga pintu agar gak ada yang masuk selain kamu. Muah. I love you. Semoga Tuhan menguatkan cinta kita. Amin———

aku masih menginginkannya

pria itu..masih terlihat tampan…nada bicaranya msih seperti dulu..

tidak ada yang berubah.. wangi parfum bercampur keringatnya..gelak tawa..

aku tahu, aku masih menginginkannya.

saving me

Hanya bisa dengerin lagu ini saat ini. Saat sendirian. Ketika kesepian mengerubungi diri. seperti sekelompok semut merah. banyak. perih. Akhirnyaaaaa….tapi kuping hanya mampu mencerna nada-nada lonely day-soad, no saving me-walls of jericho, sad song-aika, secret letters-hyde.

kalo diacak-acak liriknya, jadinya :

In the courtyard, birds singing
Through the window, bells ringing

Oh so tall and wide, these confining walls

I look upon the world below
Sorrow seals our lips tightly
Horror stalks our sleep nightly
But my heart escapes from this attic room
I’m running freely though the town

Iam outside
And I’ve been waiting for the sun
With my wide eyes
I’ve seen worlds that don’t belong
My mouth is dry with words I cannot verbalize
Tell me why we live like this

Lock the doors
Cause I like to capture this voice
it came to me tonight
So everyone will have a choice
And under red lights
I’ll show myself it wasn’t forged
We’re at war
We live like this

Insanity kicks in and all I see is another dead end.
How long will I take to bleed? There is no saving me.
How far will you go to hold on?

Peace is shattered by oppression
Tainted oil meets rejection
Yes and just in case I should soon return
My secret letters I will leave
I remember, remember you
I remember, still close to you
No need to fear the distance here

And if you go, I wanna go with you
And if you die, I wanna die with you

Such a lonely day
Shouldn’t exist
It’s a day that I’ll never miss
Such a lonely day
And it’s mine
The most loneliest day of my life

wkwkwkkwkwk maksain banget tapi bodo amat. bete……

omongan sirik

susaaaahhhh…cari kerja… sebenarnya berserakan di koran. tapi ada dua syarat yang bikin susah banget cari kerja. pertama, pengalaman. kedua, berpenampilan menarik.  Masak untuk jadi kasir butuh pengalaman min 1 tahun bahkan ada yang lebih? kalo semua pekerjaan butuh pengalaman, terus gimana orang2 yang belum berpengalaman (lebih tepatnya tidak diberikan kesempatan untuk berpengalaman) bisa mencari kerja, boss??

nenek gw jago banget masak, sumpah dah. seandainya dia hidup pada zaman sekarang udah barang tentu nenek gw bakal jadi gelandangan, karena kalo dia ngelamar jadi koki walaupun belum punya pengalaman, udah pasti ditolak mentah2. bukankah masak dan masakan merupakan seni? dan bahwa seni ada yang dilahirkan begitu saja?

kalo untuk jabatan manger, direktur, yang ekslusip gitu mah mending butuh pengalaman atau yang butuh keahlian tertentu. lha yang “kecil-kecil” gini aja? jadi office boy, jadi pelayan restoran, butuh pengalaman, minimal 1 tahun lagi. Yang sering gak pake pengalaman adalah kerja jadi kuli, tukang angkat2 barang, dan cleaning service. jadi miris..

Bos, inget, yang punya pengalaman dulu juga belon ada pengalaman.. bukannya diajarin kek.. di training dulu gitu kek.. ini udah main “harus pakek kalo gak, gak usah dateng!”

belon lagi pas baca lowongan, wah seneng nih, udah masuk semua kriteria kan gw..eh gak tahunya ada syarat berpenampilan menarik.. bingunglah.. bukankan penampilan itu relatif. biasnya kerja salon tuh ma spg2 gitu banyak banget yang minta syarat gitu. itu masih mending. lha kalau gw mau jadi kuli, masak iya butuh penampilan menarik??

ada-ada aja bos zaman sekarang.. bikin minder. banyak yang ngeles bilang “yah namanya juga menarik kan bukan cantik”..halah gak usah ngeles deh pak! gw dateng, pakaian rapi jali, modis, pengalaman ada, dan bla bla bla tetep aja gak dapet. gak ada panggilan. ya..gw tau muka gw ngepas. puas? hahaha lha itu, temen samping gw, dapet. pakaian kagak modis, tinggi 170cm, cantik, padahal bego, dapet tuh. dan gak berpengalaman…

pelajaran di suatu malam

Setelah sekian banyak ragam manusia ku jadikan kawan. aku bisa menangkap beberapa hal :

  1. pendidikan mempengaruhi pola pikir seseorang
  2. status materi mempengaruhi bagaimana cara mereka menerima kita
  3. kehidupan yang sebelumnya mereka jalani membentuk sikap tertentu dan menerapkannya ke kawan yang baru. Kalau mereka terbiasa keras, mereka akan keras. Tak perduli baru kenal atau tidak. Atau paling tidak kalian bisa melihatnya setelah seminggu berteman dengannya.
  4. tubuh alias factor fisik. Jika kamu laki2 bertubuh pendek, kamu tidak punya latar belakang disegani, tidak punya kekuatan materi, dan tidak nekat, bersiaplah untuk dijadikan bulan2an. Disini keberanian dan kenekatan yang berkuasa.
  5. jangan pernah ceplas ceplos pada orang yang pertama kali anda kenal. Bersikap ramah tapi tetap menjaga jarak.
  6. jangan pernah meminjamkan apapun. Motor, pakaian, bahkan minum dalam satu gelaspun. Anda tidak tahu penyakit apa yang ada dan anda tidak tahu apa yang akan terjadi pada barang yang anda pinjamkan.
  7. jangan pernah percaya seratus persen teman baru anda. Jika anda mengenalnya sudah satu tahun itu termasuk baru. Kawan baru. Bukan lama. Dari 100% sisakan 60% ketidakpercayaan dan kecurigaan. Disini syak wasangka dan prinsip kehati2an dinomor satukan.
  8. jika dia atau mereka menyakiti (verbal atau fisik) silahkan melawan. Membela diri. Jangan bersikap “ah gak enak. Pas gw butuh uang, kemaren dia ngasi pinjeman”. Begitu misalnya. Jangan. Melawan dan tegas adalah jalan.
  9. pikirkan manfaatnya untuk anda, jika mereka lebih banyak membawa kesengsaraan buat apa? Jika anda mencari teman minum, rokok, berbagi cerita, setia kawan dan pengertian, anda bisa lari ke sahabat2 anda yang lain.
  10. carilah teman yang baik. Percayalah, “don’t judge a book by cover” lebih sering salah. Maka, “judge a book by cover”

List Produk Indonesia

waahhh…mengingat banyaknya produk luar sekarang..dan tambah banyak…saya tergelitik untuk mencari tahu produk2 apa saja yang ada di indonesia ini yang merupakan buatan indonesia. bukan dibuat di indonesia tapi pemiliknya tetep negara lain, bukan. tapi yang bener2 real.  akhirnya googling kesana kemari, dapat juga. nih..daftarnya:

  1. polygon
  2. betrix
  3. mobil Arina
  4. Chipset Wimax Xirka
  5. Game Parampa
  6. J.CO Donuts
  7. Polytron
  8. kopi  kapal api
  9. gt radial
  10. baterai abc
  11. mie goreng indo
  12. martha tilaar
  13. mustika ratu
  14. dji sam soe
  15. nyonya meneer
  16. sosro
  17. garudafood
  18. edward forrer
  19. PT DI (Dirgantara Indonesia)
  20. telkom

Sejak didirikan pada 1989 di Sidoarjo, Jawa Timur, PT Insera Sena (IS), produsen sepeda Polygon, merupakanpembuat dan perakit sepeda untuk konsumsi luar negeri. Pada 1991, IS mulai memproduksi sepeda bermerek Polygon, dan sepuluh tahun kemudian mengekspor produk bermerek sama ke Singapura, Malaysia, dan dua tahun terakhir ke Australia. Dari seluruh unit sepeda yang diproduksi, 30% menggunakan merek Polygon. Nah dari 30% itu, 20% untuk pasar local, 10% untuk diekspor ke luar negeri terutama untuk sepeda jenis Mountain Bike Cosmiq dan Collosus.

Betrix. Nama perusahaannya PT Betrix Indonesia, memproduksi sepeda listrik untuk kategori 200-235 watt. Betrix sendiri merupakan singkatan dari Bebek Listrik. Didirikan oleh orang Bandung, namanya Mario. Menggunakan perpaduan teknologi dari Jepang, Jerman dan Taiwan. Dibandingkan dengan sepeda listrik buatan cina yang saat ini juga marak di pasar Indonesia, Betrix saat ini telah lebih dari 8 tahun memimpin dari segi pasar dan teknologi kendaraan listrik roda dua. (see http://blahblagadah.blogsome.com/2009/06/03/buatan-indonesia/)

Mobil Arina adalah buatan Indonesia karya Jurusan Tehnik Mesin Universitas Semarang (Unnes) yang dinamakan Mobil Mikro Arina Karya. Lengkapnya lihat di : http://yepiye.wordpress.com/2009/05/14/foto-inilah-mobil-buatan-indonesia-seharga-rp-30-an-juta/

Lihat di http://www.teknopreneur.com/content/chip-asli-buatan-indonesia—untuk chipset nya yah..

Parampa di sini adalah buatan seorang blogger namanya Masova. Mau download? http://siddiqbasid.com/2010/02/mesti-coba-game-parampa-buatan-indonesia/

J.CO Donuts adalah restoran dan waralaba yang mengkhususkan dalam donat. Perusahaan didirikan dan dimiliki oleh Johnny Andrean Group. J.CO Donuts & Coffee didirikan tahun 2005. (lihat di wikipedia)

Polytron
Merk elektronik ini mungkin sudah lama dikenal. Satu-satunya produsen barang elektronik lokal yang mapu bersaing dengan barang elektronik asing. Didirikan pada tahun 1975 dengan nama PT. Indonesia Electronic & Engineering. Kemudian saat ini namanya berganti menjadi PT. Hartono Istana Teknologi. Pabriknya berlokasi di Semarang dan Kudus.

untuk kopi kapal api, kunjungi http://www.kapalapi.co.id/INA/co_aboutus.htm—memuat sejarah perusahaan, produk2 yang dikeluarkan (abc, good day, ya, ternyata keluaran kapal api), bahkan tips membuat kopi.

ban gt radial bisa dilihat di http://budakdiri.forumotion.com/unik-f12/produk-produk-indonesia-yang-mendunia-t27.htm

Baterai ABC ini asli buatan Indonesia termasuk produk baterai Alkaline. diproduksi PT Intercallin dan pabrik baterai ABC ini ada di Daan Mogot, Jakarta.

Indomie adalah merek mi instan populer di Indonesia, diproduksi oleh PT. Indofood Sukses Makmur. gak di indonesia aja tapi diluar negeri indomie juga terkenal. Indofood juga memasarkan Indomie dengan menggunakan cara lisensi, seperti kepada Pinehill Arabia Food Limited (Saudi Arabia) dan De United Food Industries Limited (Nigeria), yang keduanya memperoleh hak untuk menggunakan merek Indomie di negaranya masing-masing.

marta tilaar dan mustika ratu, keduanya merupakan produsen kosmetik dan kesehatan yang mumpuni dan tersebar hinggake beberapa negara. mengenai sejarah dan produk2 yang dihasilkan bisa googling ya..hehe

Meskipun terdengar berbau Italia, Edward Forrer adalah merek asli Indonesia yang sudah menembus beberapa pasar internasional. Merek Edward Forrer berasal dari nama pemiliknya sendiri, yakni Edward Forrer, yang hanya merupakan lulusan SMA kemudian menjadi pengusaha sepatu di Bandung. Selepas kesuksesan di Kota Kembang, Edward Forrer melebarkan sayap hingga ke berbagai kota besar di seluruh Indonesia. Sementara itu, untuk memulai go international kini Edward Forrer mempunyai outlet di Australia, Malaysia dan Hawaii.

PT. Dirgantara Indonesia (DI) (nama bahasa Inggris: Indonesian Aerospace Inc.) adalah industri pesawat terbang yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Perusahaan ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. DI didirikan pada 26 April 1976 dengan nama PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio dan BJ Habibie sebagai Presiden Direktur. Industri Pesawat Terbang Nurtanio kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985. Seteleah direstrukturisasi, IPTN kemudian berubah nama menjadi Dirgantara Indonesia pada 24 Agustus 2000. *sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Dirgantara_Indonesia*

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom Indonesia atau Telkom saja) (IDX: TLKM LSE: TKID NYSE: TLK) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. produknya: telkomflexi, telkomnetinstan, dan speedy.

nah yang lainnya yang belum dijelaskan kunjungi aja om google. disana banyak banget infonya, oke. semoga bermanfaat !