List Produk Indonesia

waahhh…mengingat banyaknya produk luar sekarang..dan tambah banyak…saya tergelitik untuk mencari tahu produk2 apa saja yang ada di indonesia ini yang merupakan buatan indonesia. bukan dibuat di indonesia tapi pemiliknya tetep negara lain, bukan. tapi yang bener2 real.  akhirnya googling kesana kemari, dapat juga. nih..daftarnya:

  1. polygon
  2. betrix
  3. mobil Arina
  4. Chipset Wimax Xirka
  5. Game Parampa
  6. J.CO Donuts
  7. Polytron
  8. kopi  kapal api
  9. gt radial
  10. baterai abc
  11. mie goreng indo
  12. martha tilaar
  13. mustika ratu
  14. dji sam soe
  15. nyonya meneer
  16. sosro
  17. garudafood
  18. edward forrer
  19. PT DI (Dirgantara Indonesia)
  20. telkom

Sejak didirikan pada 1989 di Sidoarjo, Jawa Timur, PT Insera Sena (IS), produsen sepeda Polygon, merupakanpembuat dan perakit sepeda untuk konsumsi luar negeri. Pada 1991, IS mulai memproduksi sepeda bermerek Polygon, dan sepuluh tahun kemudian mengekspor produk bermerek sama ke Singapura, Malaysia, dan dua tahun terakhir ke Australia. Dari seluruh unit sepeda yang diproduksi, 30% menggunakan merek Polygon. Nah dari 30% itu, 20% untuk pasar local, 10% untuk diekspor ke luar negeri terutama untuk sepeda jenis Mountain Bike Cosmiq dan Collosus.

Betrix. Nama perusahaannya PT Betrix Indonesia, memproduksi sepeda listrik untuk kategori 200-235 watt. Betrix sendiri merupakan singkatan dari Bebek Listrik. Didirikan oleh orang Bandung, namanya Mario. Menggunakan perpaduan teknologi dari Jepang, Jerman dan Taiwan. Dibandingkan dengan sepeda listrik buatan cina yang saat ini juga marak di pasar Indonesia, Betrix saat ini telah lebih dari 8 tahun memimpin dari segi pasar dan teknologi kendaraan listrik roda dua. (see http://blahblagadah.blogsome.com/2009/06/03/buatan-indonesia/)

Mobil Arina adalah buatan Indonesia karya Jurusan Tehnik Mesin Universitas Semarang (Unnes) yang dinamakan Mobil Mikro Arina Karya. Lengkapnya lihat di : http://yepiye.wordpress.com/2009/05/14/foto-inilah-mobil-buatan-indonesia-seharga-rp-30-an-juta/

Lihat di http://www.teknopreneur.com/content/chip-asli-buatan-indonesia—untuk chipset nya yah..

Parampa di sini adalah buatan seorang blogger namanya Masova. Mau download? http://siddiqbasid.com/2010/02/mesti-coba-game-parampa-buatan-indonesia/

J.CO Donuts adalah restoran dan waralaba yang mengkhususkan dalam donat. Perusahaan didirikan dan dimiliki oleh Johnny Andrean Group. J.CO Donuts & Coffee didirikan tahun 2005. (lihat di wikipedia)

Polytron
Merk elektronik ini mungkin sudah lama dikenal. Satu-satunya produsen barang elektronik lokal yang mapu bersaing dengan barang elektronik asing. Didirikan pada tahun 1975 dengan nama PT. Indonesia Electronic & Engineering. Kemudian saat ini namanya berganti menjadi PT. Hartono Istana Teknologi. Pabriknya berlokasi di Semarang dan Kudus.

untuk kopi kapal api, kunjungi http://www.kapalapi.co.id/INA/co_aboutus.htm—memuat sejarah perusahaan, produk2 yang dikeluarkan (abc, good day, ya, ternyata keluaran kapal api), bahkan tips membuat kopi.

ban gt radial bisa dilihat di http://budakdiri.forumotion.com/unik-f12/produk-produk-indonesia-yang-mendunia-t27.htm

Baterai ABC ini asli buatan Indonesia termasuk produk baterai Alkaline. diproduksi PT Intercallin dan pabrik baterai ABC ini ada di Daan Mogot, Jakarta.

Indomie adalah merek mi instan populer di Indonesia, diproduksi oleh PT. Indofood Sukses Makmur. gak di indonesia aja tapi diluar negeri indomie juga terkenal. Indofood juga memasarkan Indomie dengan menggunakan cara lisensi, seperti kepada Pinehill Arabia Food Limited (Saudi Arabia) dan De United Food Industries Limited (Nigeria), yang keduanya memperoleh hak untuk menggunakan merek Indomie di negaranya masing-masing.

marta tilaar dan mustika ratu, keduanya merupakan produsen kosmetik dan kesehatan yang mumpuni dan tersebar hinggake beberapa negara. mengenai sejarah dan produk2 yang dihasilkan bisa googling ya..hehe

Meskipun terdengar berbau Italia, Edward Forrer adalah merek asli Indonesia yang sudah menembus beberapa pasar internasional. Merek Edward Forrer berasal dari nama pemiliknya sendiri, yakni Edward Forrer, yang hanya merupakan lulusan SMA kemudian menjadi pengusaha sepatu di Bandung. Selepas kesuksesan di Kota Kembang, Edward Forrer melebarkan sayap hingga ke berbagai kota besar di seluruh Indonesia. Sementara itu, untuk memulai go international kini Edward Forrer mempunyai outlet di Australia, Malaysia dan Hawaii.

PT. Dirgantara Indonesia (DI) (nama bahasa Inggris: Indonesian Aerospace Inc.) adalah industri pesawat terbang yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Perusahaan ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. DI didirikan pada 26 April 1976 dengan nama PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio dan BJ Habibie sebagai Presiden Direktur. Industri Pesawat Terbang Nurtanio kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985. Seteleah direstrukturisasi, IPTN kemudian berubah nama menjadi Dirgantara Indonesia pada 24 Agustus 2000. *sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Dirgantara_Indonesia*

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom Indonesia atau Telkom saja) (IDX: TLKM LSE: TKID NYSE: TLK) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. produknya: telkomflexi, telkomnetinstan, dan speedy.

nah yang lainnya yang belum dijelaskan kunjungi aja om google. disana banyak banget infonya, oke. semoga bermanfaat !

About derasifa
oh i love to eat.

3 Responses to List Produk Indonesia

  1. dinan says:

    ooooohhhh….

  2. ica says:

    bravo indonesia!

  3. derasifa says:

    @all : hahahhahha

Leave a comment